Oleh-Oleh Wajib dari Surabaya

Hari ini tiba-tiba kangen deh sama Surabaya. Hal yang paling bikin kangen lebih dari suasana kotanya adalah oleh-oleh khas (yang udah ludes dimakan semua, huhuhuhu). Mungkin gini kali ya rasanya LDR-an, disaat pengen banget ketemu sama yang dikangenin tapi berat di ongkos.

xa3ole

Aaaaaanyway, pulang dari Surabaya kemarin ada beberapa makanan yang kita bawa ke Bandung dan mereka ini SUPER enak-enak dan gak ada yang nyamain deh disini, pokoknya nyesel kalau gak beli makanan-makanan ini. Nyesel juga sih gak beli banyak karena ternyata enak banget :”)

Apakah merekaaaa? Ini dia jawabannya :

  1. Otak-Otak Bandeng dan Bandeng Asap

xa2-ole

Berkat rekomendasi mimin @myfoodprint jadi jatuh hati (atau jatuh lidah?) sama bandeng asap disini. Walaupun ukurannya gak teralu besar tapi terbayarkan dengan aroma asap kayu yang menggugah selera makan :9 Satu boxnya isi 2 bandeng presto siap makan beserta sambalnya, enaaakkk!

Untuk yang otak-otak kita kira maksudnya kayak di otak-otak ikan Bandung yang udah diolah pakai tepung. Ternyata kalau yang ini daging bandengnya dikeluarkan, diolah dengan bumbu rempah kuning, lalu dimasukkan lagi ke dalam badan bandengnya, semacam stuffed Bandeng gitu. Ini juga enak tapi bau rempahnya terlalu kuat sampai aroma bandengnya hilang. Satu boxnya isi 2 bandeng imut-imut dan sambalnya. Harganya kisaran 50ribuan/box isi 2.

2. Guna Guna Snack

xa4olee

Untuk kamu yang pengen oleh-oleh dengan packaging hits dan rasa-rasa yang unik bisa order oleh-oleh online ini. Mereka punya Semprit Ovomaltine (enak banget!!) dan Macaroni Schotel yang fresh 😀 Ada juga menu spiku Ovomalt, panada, blackpepper chicken puff, dll. Harganya mulai 20ribu-115ribuan. Pesannya maks H-1 ya, biar fresh enaknya janjian dikirim pas kamu mau pulang 😀

3. Sambal Bu Rudy

xa1-oleholeh

Sambal dengan botol anti tumpah dan foto cantik Bu Rudy ini sih pastinya jadi favorit semua pecinta pedas, ya kaaan? Kita beli di Depot Bu Rudy nya langsung (bandeng juga beli disini). Ada 3 varian sambal : Sambal Bawang, Sambal Terasi dan Sambal Ijo. Karena terasi udah biasa, kita beli yang bawang dan sambal ijo.

Kalau yang sambal ijonya ini gurih harum tapi pedesnya semeliwir aja. Naaah, yang mantap sambal bawangnya! Pedesnya nendaaaang banget dan bikin gak bisa berhenti nambah nasi, bahkan makan pakai nasi dan kerupuk aja beuuuuh nikmatnya pol! Pantesan orang-orang kalau beli 1 kardus. Nyesel deh gak beli banyak, harganya sekitar 25ribuan per botol. WAJIB BELI, kalau ada yang dari Surabaya nitip dong ya 😀

Last but not least, the most happening cake in Surabaya :

4. Surabaya Snowcake by Zaskia Sungkar!

Ini sih mantep banget, antrinya sampai 1 setengah jam! Surabaya Snowcake ini cuma buka jam 7 pagi, jam 2 siang dan jam 7 malam. Biar dapet antrian awal-awal wajib dateng 1 jam sebelum tokonya buka, kan gak asik udah antri lama terus kehabisan stoknya.

Udah gitu cuma 25 orang yang bisa duduk, karena kursinya ada di bagian depan aja. So kalau datengnya mepet siap-siap pegel berdiri deh. Amel sih dateng jam 1 lebih udah ada 15 orang di depannya, untung masih dapet kursi*geber-geber kipas dari deket pintu*.Tapi tenang, soalnya 1 orang cuma boleh beli 2 box jadi gak akan keabisan gara-gara diborong orang 😀

Pilihan rasanya ada 5 : Vanilla, Caramel, Greentea, Cheese, Choco Banana dan Keju. Kita pilih yang dua ini~

xa3olee
Snow Cake Cheese a.k.a Keju

Snowcake ini aslinya panjanggg cuma karena tampilannya menggoda, H+1 sampai di rumah tinggal segini deh, hahaha! Snowcake ini terdiri dari lapisan pastry yang crunchy dan bolu lapis surabaya. Kalau yang keju diatas bolu dan lapisan teratasnya diberi krim dan parutan keju. Enak banget walaupun makannya harus hati-hati karena antara lapisannya gak nempel, copot-copot gitu. Pastrynya kemana, bolunya kemana, kejunya kemana 🙂

xa3ole
Snow Cake Choco Banana

Selain varian keju, semua snowcakenya diberi topping gula salju, gula halus yang dingin di lidah itu loh 😀 Untuk yang varian choco banana ini kirain bolunya yang rasa pisang. Ternyata rasa pisangnya ada di krim lapisan bawah bolunya, enak deh harumnya terasa (cuma kurang banyakkkk). Diatas bolu dikasih lagi saus cokelat yang legit dan agak pahit, jadi gak bikin giung. Favorit 😀

Harga per boxnya mulai 50ribu-59ribu, cukup pricey tapi enak dan porsinya besar juga.

Must try nih kalau ke Surabaya!

Advertisements

2 thoughts on “Oleh-Oleh Wajib dari Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s